-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

MGMP Bahasa Jepang Cabang Pendidikan Dinas Wilayah 1 Sumbar Gelar Acara Nihongo Camp Kepada Siswa

MGMP Bahasa Jepang Cabang Pendidikan Dinas Wilayah 1 Sumbar Gelar Acara Nihongo Camp Kepada Siswa

BUKITTINGGI, BLKNNEWS.COM - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jepang Cabang Dinas Wilayah 1 mengambil langkah proaktif dan strategis dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang terhadap peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat, melalui "Nihongo Camp, Sabtu, 10/08/2024, yang bertempat di Rumah Gadang Alumni SMKN 1 Bukittinggi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua MGMP Bahasa Jepang Cabang Dinas Wilayah 1 Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Barat Afis Al Hadi mengungkapkan bahwa gelaran acara ini adalah bertujuan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa dalam berkomunikasi memakai bahasa Jepang dan menambah pengetahuan tentang budaya Jepang.

Selain itu, Afis Al Hadi juga menambahkan bahwa mampu meningkatkan kepercayaan diri kepada mereka (siswa) dalam menggunakan tata cara berbahasa Jepang dan juga merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa agar mereka dapat berlatih berbicara dalam bahasa Jepang dengan lebih lancar dan percaya diri, dengan memakai pemateri Tenaga Ahli dibidangnya yang di datangkan langsung dari Jepang melalui The Japan Fondation Shigemura Miyoko dan Pemateri lainnya yang sudah berpengalaman.

Lebih lanjut Ketua MGMP Bahasa Jepang Cabang Dinas Wilayah 1 Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Barat Afis Al Hadi menjelaskan bahwa acara Nihongo Camp ini diikuti oleh 8 SMA dan 4 SMK yang terdiri dari beberapa Kab/Kota di Sumbar, dengan jumlah peserta sebanyak 36 orang yang berada di wilayah Bukittinggi, Padang Panjang dan Agam. Selain itu kegiatan ini juga merupakan momentum pengintegrasian nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila ke dalam pembelajaran Bahasa Jepang. Hal ini bisa dilihat dalam kegiatan kolaborasi, pemikiran kritis terhadap isu di lingkungan mereka sendiri, imbuhnya.

Kemudian, Afis Al Hadi juga menjelaskan bahwa Nihongo Camp juga menawarkan berbagai kegiatan yang menarik seperti pemaparan materi, ice breaking, diskusi kelompok, pengerjaan projek dan pemamaparan dengan menggunakan Bahasa Jepang.

Beriringan dengan itu, menurut salah satu peserta Nihongo Camp "Hillya Turrahmah" dari SMAN 2 Padang Panjang, mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini mampu memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menarik. Siswa merasa lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Jepang dan bisa berkolaborasi menuangkan ide-ide dengan peserta lainnya. 

Nihongo Camp di Wilayah 1 Cabang Dinas ini berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran bahasa Jepang yang efektif dan menyenangkan bagi siswa SMA dan SMK, ungkapnya. 

Terakhir Hillya Turrahmah berharap melalui kegiatan seperti ini akan terus diadakan oleh Pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya serta menjadi bagian integral dari upaya dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Jepang siswa dan eksistensi Bahasa Jepang untuk menciptakan generasi emas Indonesia. (Hengki Refegon)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.