-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UMMY Solok Gelar Coaching KKN Bagi 192 Orang Mahasiswa

UMMY Solok Gelar Coaching KKN Bagi 192 Orang Mahasiswa

SOLOK, BLKNNEWS.COM - Dalam rangka memberikan pembekalan nyata bagi para mahasiswa, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok menggelar Coaching Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Gedung SKB, kampus 2 Ummy Solok, Sabtu (10/08/2024).

Gelaran acara Coaching dengan bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal" tersebut adalah dengan cara menurunkan sebanyak 192 Orang Mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) untuk ditempatkan sebagai Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari yang ada di Kabupaten Solok dan Kota Padang Panjang serta Kota Solok, diantaranya :

1. Nagari Jawi Jawi, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

2. Kelurahan Tanah Garam Kota Solok.

3. Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

4. Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

5. Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

6. Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

7. Nagari Salayo Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

8. Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

9. Nagari Sibarambang, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok

10. Nagari Simawang, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok

11. Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok

12. Kelurahan Gantiang, Kota Padang Panjang

Disamping itu, para mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga di dampingi langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari kampus Ummy Solok, yakni: 

1. Dr. Siska Yulia Defitri, Se, M. Si.

2. Dr. Ir. Nurhaita, M.P.

3. Dr. Yulia Nizwana, SH MH. 

4. Ir. Edwin Anwar, M.Kom.

5. Yulfa Mulyeni, SH MM. 

6. Eri Arianto, SH MH. 

7. Dr. Seflidiana Roza, SE MM. 

8. Delsi Afrini, S.P, M.Si.

9. Arfimasri, SE MM. 

10. Ir. Friza Erlinda, M.P.

11. Nurhayati SE MM.

Mengawali sambutannya, Ketua panitia Dr. Tri Astuti, S. Pt, MP, menyampaikan bahwa Kuliah kerja nyata yang ke V UMMY Solok ini direncanakan akan di laksanakan selama 40 hari kedepannya, mulai dari tanggal 12 Agustus s/d 20 September 2024 mendatang. Sementara untuk KKN tahun 2024 ini, Universitas Ummy Solok menetapkan 4 Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat sebagai lokasi kuliah kerja nyata, terdiri dari Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang, imbuhnya.

Kemudian, Tri Astuti menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan di kota Padang Panjang adalah KKN mitigasi yang terdampak bencana Gunung Merapi dilaksanakan selama 2 bulan, dan dikelola lansung oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Alhamdulillah UMMY ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dan perlu disampaikan juga dari 192 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata ini, pihak kampus UMMY Solok mengirimkan mahasiswa nya yang berasal dari Prodi Hukum, Manajemen, Akuntansi, manajemen informatika, Agroteknologi, Agribisnis, dan Peternakan, jelasnya.

Lebih lanjut Ketua panitia Dr. Tri Astuti, S. Pt, MP, menyebutkan bahwa kegiatan KKN tahun 2024 ini lebih mengarahkan mahasiswa nya untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan sumberdaya lokal dan Insyaallah, mahasiswa Ummy Solok yang melaksanakan KKN akan di lepas dari kampus 1 Ummy Solok pada Senin, 12 Agustus 2024 nanti. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok, Fauzi Rusli yang turut hadir dalam Coaching KKN mahasiswa Ummy Solok angkatan ke V tersebut berharap selama mengikuti kegiatan KKN, para mahasiswa mampu menempatkan diri di daerah yang ditempati selama melaksanakan KKN dan jaga etika serta tingkah laku selama melaksanakan KKN, berikan yang terbaik sesuai dengan apa yang di dapatkan selama menjadi mahasiswa di kampus Ummy ini, tegasnya.

Beriringan dengan itu, Rektor Ummy Solok, Prof. Dr. Ir. Syahro Ali Akbar dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti KKN untuk mampu beradaptasi dan membawakan diri dengan baik di daerah KKN nya,

"Ibarat pepatah, Lain Padang Lain Belalang, Lain Lubuk Lain Ikannya. Artinya, berpandai pandailah membawakan diri dengan masyarakat disana. Jaga sikap dan tingkah laku, jaga adab, norma dan etika. Jangan lupa, jaga pula nama baik kampus Ummy Solok, tambahnya.

Terakhir, Syahro Ali Akbar berharap agar selama para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN nanti, tidak ada kendala serta tidak ada pula kejadian yang akan mencoreng nama baik kampus UMMY Solok yang sama-sama dicintai ini. (Andar MK)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.